Jaringan Pemasaran Bahan Bakar Industri Pertamina

Jumat, 11 Juni 2021

Selain memasarkan produk retail, Pertamina juga memasarkan produk dan layanan untuk Business to Business (B2B) di berbagai sektor, salah satunya industri dan perkapalan. Di bidang perkapalan, Pertamina memasarkan BBM dengan fokus pada pengembangan jaringan layanan penjualan BBM di semua pelabuhan vital Indonesia.

 

Produk-produk Industry Marine & Fuel ini diantaranya adalah  High Sulphur Fuel Oil (HSFO180), High Sulphur Fuel Oil (HSFO380), Low Sulphur Fuel Oil (LSFO), Industrial Diesel Oil (IDO), Biosolar, Pertamina Dex, Marine Gas Oil - 5, Pertamax dan Kerosene (Minyak Tanah).

 

Selain menyediakan produk berupa bahan bakar, sektor Industry Marine & Fuel Pertamina juga memiliki berbagai layanan untuk menunjang proses pemasaran produk bahan bakar kepada konsumen. Layanan yang teredia di sektor Industry Marine & Fuel ini diantaranya adalah Pertamina Delivery Service 135, Vendor Held Stock (VHS), Layanan Franco, Pelayanan Purna Jual, Concodelco, dan lain sebagainya.

 

Jaringan pemasaran pertamina di bidang industri dan perkapalan ini memiliki berbagai keunggulan. Pertama, ketersediaan pasokan BBM Pertamina ditunjang dengan tujuh kilang domestik, lebih dari 116 Terminal BBM (TBBM). Kedua, sarana dan fasilitas angkut darat dan laut yang lengkap tersebar di seluruh Indonesia. Ketiga, kualitas dan kuantitas BBM Pertamina terjamin dengan pemenuhan pada standar Dirjen Migas maupun standar internasional. 

 

Kunci kesuksesan Pertamina dalam  menghadapi persaingan di era globalisasi ini terletak pada hubungan kemitraan jangka panjang yang berdedikasi pada pemenuhan kebutuhan konsumen melalui berbagai layanan, antara lain layanan after sales berupa Vendor Held Stock (VHS) serta Technical Support & Safety Advisor yang andal dalam rangka menyediakan energy total solution kepada konsumen.

 

Tuntutan pelanggan yang semakin tinggi dengan kecenderungan pengadaan BBM melalui sistem tender serta kebijakan multi supplier untuk memastikan persaingan yang sehat dalam supply logistik yang dibutuhkan konsumen. Pertamina menjawab tantangan tersebut dengan memberikan harga yang kompetitif, ketersediaan suplai yang andal, layanan kredit/term of payment (TOP) dengan jangka waktu yang bersaing, serta Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang tinggi.

 

Pertamina terus berupaya memberikan produk bahan bakar berkualitas yang didukung dengan berbagai layanan untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar setiap konsumennya.