Memahami Proses Pengisian Bahan Bakar Pesawat

Senin, 02 Agustus 2021
pesawat sedang mengisi bahan bakar avtur

Proses pengisian bahan bakar pada kendaraan darat biasanya dilakukan dengan memindahkan bahan bakar dari tempat lain ke dalam tangki kendaraan. Proses ini juga berlaku pada pengisian bahan bakar pesawat. Namun bedanya, pengisian bahan bakar ke dalam tangki pesawat harus melewati banyak prosedur dibandingkan kendaraan lainnya. Pertamina sebagai perusahaan penyedia bahan bakar pesawat juga menerapkan sejumlah prosedur berstandar internasional, dengan menjaga kualitas dan keamanan produk selama proses pengisian Avtur ke dalam tangki pesawat.

Pengisian Avtur ke dalam tangki pesawat melewati beberapa tahap. Pertama, sebelum tiba di area pengisian pesawat, Avtur telah melewati serangkaian proses penyaringan (filtrasi) yang ketat. Selanjutnya, ketika akan dimasukan ke dalam tangki pesawat, Avtur diperiksa kembali untuk diperiksa kualitasnya. Pemeriksaan ini meliputi dua aspek yakni Visual Appearance Check dan Chemical Water Detector (CWD) Check. Tahap visual appearance test ditujukan untuk melihat secara visual kejernihan, kebersihan, bebas dari partikel air, serta terlarut dalam suhu lingkungan. Lalu setelah itu dilanjutkan dengan Chemical Water Detector (CWD) check untuk memastikan keberadaan air pada Avtur. Setelah diperiksa kejernihannya, kemudian hanya Avtur yang sesuai spesifikasi yang boleh diisikan ke dalam tangki pesawat.

Draining Sump, Tahapan Penting dalam Proses Pengisian Bahan Bakar Pesawat

Sebelum mengisi avtur ke dalam tangki pesawat, petugas maintenance pesawat akan melakukan draining sump, yaitu perawatan rutin setiap pagi untuk memastikan bahwa tangki bebas dari air sebelum diisi Avtur. Pemeriksaan ini ditujukan untuk memastikan tangki pesawat sudah bersih sehingga tidak mengganggu performa tangki pesawat. Munculnya air dalam tangki pesawat disebabkan oleh proses kondensasi atau pengembunan uap air ketika pesawat berada di ketinggian.

Setelah melakukan draining sump, petugas maintenance pesawat juga akan memeriksa sebuah alat yang bernama heated filter. Alat ini dipasang pada tangki bahan bakar pesawat dan bertujuan untuk mencegah uap air membeku ketika udara di luar pesawat berada di suhu -15 derajat celcius. Keberadaan heated filter sangat penting, karena jika tidak ada, dikhawatirkan uap air yang membeku akan menghambat aliran bahan bakar menuju engine pesawat. Setelah pelaksanaan draining sump dan pemeriksaan heated filter, maka pesawat pun siap untuk diisi Avtur. Semua tahap pengisian Avtur ini dilakukan oleh pekerja dan operator yang khusus menangani produk dan distribusi Avtur. Pertamina juga memastikan bahwa pekerja yang menjalankan tugas ini sudah tersertifikasi sehingga memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik.