Modular Tank & Floating Tank, Berbeda dalam Fungsi yang Sama

Rabu, 11 Agustus 2021
Modular Tank & Floating Tank, Berbeda dalam Fungsi yang Sama

Kendaraan darat biasanya mengisi bahan bakar di Stasiun Pengisi Bahan Bakar Umum (SPBU). Namun, khusus untuk pesawat, tempat pengisian bahan bakar ini dilakukan di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) yang ada di bandara.

 

Di DPPU, Avtur disimpan di sebuah tempat penyimpanan berupa tangki. Tangki penyimpanan ini  bisa berupa modular tank dan floating tankFloating tank merupakan tangki mengapung yang digunakan di area perairan dan menyimpan bahan bakar dalam jumlah besar. Biasanya floating tank ini berbentuk kapal bunker berukuran besar. Nantinya, akan ada kendaraan yang membawa bahan bakar Avtur tersebut untuk diisi ke pesawat.

 

Sementara modular tank merupakan tangki penyimpanan yang ada di bandara. Modular tank memiliki kelebihan dalam hal efisiensi waktu karena mampu mempersingkat durasi pengisian bahan bakar. Seperti salah satu contohnya yaitu di DPPU Ahmad Yani Semarang, jika sebelumnya pengisian bahan bakar Avtur membutuhkan waktu 20 menit, maka dengan modular tank durasi pengisian bahan bakar bisa cepat yaitu cukup dengan membutuhkan waktu 10 menit saja.

 

Adanya tangki jenis modular tank ini tentu akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi sehingga diharapkan dapat membantu proses bisnis konsumen. Selain itu, keunggulan dari modular tank bersifat lebih fleksibel karena dapat dipindahkan ke mana pun, sehingga pengisian bahan bakar Avtur ke dalam pesawat menjadi lebih mudah dan fleksibel.

 

Hingga saat ini, Pertamina masih menggunakan floating tank sebagai tempat penyimpanan bahan bakar Avtur. Namun beberapa bandara sudah memanfaatkan modular tank, terutama bandara-bandara yang memiliki aktivitas penerbangan tinggi seperti di Soekarno-Hatta. Sehingga bandara ini akan lebih diprioritaskan untuk menggunakan modular tank.

 

Selain inovasi dalam penggunaan tangki penyimpanan bahan bakar avtur untuk pesawat, Pertamina akan terus berupaya untuk membuat inovasi baru yang lebih fresh guna menunjang kebutuhan bisnis konsumennya. Dengan berbagai inovasi yang telah dan akan dilakukan tersebut Pertamina berharap dapat menjawab dinamika dunia bisnis untuk terus bergerak maju. Didukung dengan pengalaman melayani selama puluhan tahun, Pertamina yakin dapat memberikan yang terbaik untuk para konsumennya, terutama di sektor aviasi dan sektor bisnis lainnya.