PACE, Sertifikat Wajib Staf Pengisi Bahan Bakar Pesawat

Jumat, 30 Juli 2021
mobil tangki pertamina pengangkut bahan bakar pewasat (avtur)

Kualitas produk yang baik harus didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan berkualitas untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen. Hal ini juga diterapkan oleh Pertamina di sektor Aviasi, salah satunya dengan mewajibkan semua stafnya untuk mengikuti pelatihan dan sertifikasi Pertamina Aviation Competence & Education (PACE) dalam penanganan bahan bakar pesawat.

PACE merupakan kegiatan pelatihan dasar yang diperuntukkan untuk seluruh pekerja dan operator pengisi bahan bakar pesawat Pertamina yang melakukan penanganan dan distribusi Avtur. 

Melalui pelatihan ini, Pertamina memastikan semua pihak yang terlibat dalam proses handling (penanganan) Avtur, mulai dari penerimaan, penyimpanan, penyaluran, hingga maintenance (pemeliharaan) sarana dan fasilitas, dilakukan oleh petugas yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik serta tersertifikasi. Dengan SDM terbaik dan handal, konsumen tidak perlu mengkhawatirkan kualitas penanganan yang akan diberikan.

Pelatihan Bahan Bakar Pesawat PACE

PACE memberikan beberapa pelatihan di antaranya memperkenalkan sistem pengisian bahan bakar ke pesawat udara, memperkenalkan bagian-bagian dari Peralatan Pengisian Pesawat Udara, meningkatkan sikap percaya diri yang tinggi kepada pekerja Pertamina di sektor Aviasi karena mengerti dan memahami bagian-bagian dari peralatan pengisian, serta pemenuhan terhadap kompetensi pekerja.

Pelatihan PACE juga ditujukan untuk memenuhi kompetensi para pekerja petugas Penerimaan, Penimbunan, dan Penyaluran (P3) produk Avtur. Selain itu, sertifikasi ini dilakukan untuk memastikan bahwa para pekerja mampu mengidentifikasi prosedur dan alat-alat dalam melakukan pengisian Avtur, serta mampu melakukan pengisian atau penyaluran produk Avtur melalui refueller atau hydrant system dengan tepat.

Dengan pelatihan dasar ini, para staf Pertamina di sektor Aviasi dapat menangani bahan bakar secara lebih baik serta dapat melakukan pengisian dengan aman sehingga mengurangi risiko yang tidak diinginkan. Selain itu, diharapkan mampu melahirkan pekerja-pekerja di sektor Aviasi yang handal yang bisa memberikan pelayanan terbaik berstandar internasional kepada seluruh customer Aviasi Pertamina.