Tips & Trick Cara Memilih Bahan Bakar Bermesin Diesel

Rabu, 17 November 2021
Tips & Trick Cara Memilih Bahan Bakar Bermesin Diesel

Demi menunjang kinerja mesin kendaraan, tentu diperlukan bahan bakar yang tepat dan sesuai. Agar performa mesin kendaraan tetap bagus dan sehat, maka pengemudi harus lebih jeli dalam memilihnya karena tiap BBM memiliki karakteristik dan spesifikasi yang berbeda-beda serta memiliki kandungan yang harus disesuaikan dengan kebutuhan mesin kendaraan.

 

Salah satu contohnya yaitu pemilihan BBM pada mesin diesel. Kendaraan bermesin diesel perlu memperhatikan kualitas BBM yang terbaik sehingga mesin tidak mudah cepat rusak dan dapat bekerja secara optimal. Terdapat berbagai macam cara yang tepat untuk memilih BBM yang sesuai.

 

Ketahui Rasio Kompresi

Pengemudi harus mengetahui bahwa setiap mesin kendaraan memiliki rasio kompresi yang berbeda, begitu juga dengan bahan bakar mesin diesel. Rasio kompresi yang dimaksud adalah nilai yang bersifat tetap dan mewakili rasio volume pada ruang pembakaran dari kapasitas terbesar hingga terkecil.

 

Perhatikan Cetane Number (CN)

Cetane Number berfungsi untuk menunjukan ignition quality atau kualitas pembakaran dalam ruang bakar kendaraan yang akan digunakan. Semakin tinggi Cetane Number, makan akan semakin bagus pula bahan bakar diesel tersebut dan membuat pembakarannya menjadi lebih sempurna serta efisien.

 

Perhatikan Kandungan Sulfur

Jika kandungan sulfur yang dimiliki terlalu tinggi, maka akan membuat hasil pembakaran menjadi tidak sempurna dan justru akan berdampak buruk pada kondisi mesin kendaraan. Maka dari itu, gunakan bahan bakar dengan kandungan sulfur yang sesuai, yaitu tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah.

 

Sebagai pengemudi, wajib untuk mengetahui jenis BBM bermesin diesel yang berkualitas untuk kendaraan. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  1. Pertamina Dex

Pertamina Dex merupakan jenis bahan bakar bermesin diesel terbaik dengan Cetane Number tertinggi 53 yang dapat menjadikan kinerja mesin kendaraan lebih optimal, tangguh, serta bertenaga. Pertamina Dex juga sudah dilengkapi dengan lubricity dan anti foaming of gas.

  1. Dexlite

Dexlite memiliki Cetane Number minimal 51 dan mengandung sulfur maksimal 1200 ppm. Dexlite sangat cocok untuk kendaraan dengan mesin yang membutuhkan tenaga ekstra dalam bermanuver.