EXDO-4: Bahan Baku Pembuatan Ban Berstandar Internasional dari Pertamina

Kamis, 24 Juni 2021

Ban merupakan salah satu komponen penting dari kendaraan karena kontak langsung dengan permukaan jalan sehingga bisa memengaruhi keselamatan saat berkendara. Selain itu, ban juga berfungsi untuk menopang bobot kendaraan dan menjaga kestabilan laju kendaraan. Agar bisa berfungsi dengan baik, tidak hanya tekanan angin ban yang harus diperhatikan, tetapi juga kualitas dari ban itu sendiri. Salah satu bahan baku yang menghasilkan ban berkualitas adalah EXDO-4.


Nama EXDO merupakan singkatan dari Extract DAO yang menggambarkan proses dan bahan baku dari minyak tersebut. Sementara angka 4 menggambarkan RU IV Cilacap sebagai tempat memproduksi minyak untuk pembuatan produk. 


EXDO-4 merupakan minyak olahan tipe Residual Aromatic Extracted (RAE) yang dibuat untuk pembuatan tapak ban. Bahan pembuat ban ini pertama kali diluncurkan Pertamina pada tahun 2018 yang diproduksi di Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah. Exdo-4 memiliki beberapa keunggulan, yaitu bersifat non carcinogenic dengan total kandungan Polyaromatic Hydrocarbon (PAH) <10 ppm. Artinya, kandungan produk tersebut tidak menimbulkan potensi kanker. Produk ini telah memperoleh pengakuan dari Biochemical Institute for Environmental Carcinogens yang berasal dari Jerman sehingga bisa dikatakan EXDO-4 bersifat ramah lingkungan


Dengan adanya lisensi tersebut, EXDO-4 telah memiliki kualitas dan spesifikasi untuk kategori produk yang akan diekspor ke pasar internasional, khususnya Eropa. Hal ini karena jenis ban yang bisa diekspor ke Eropa harus menggunakan bahan baku yang memiliki sertifikat Non- Carcinogenic. 


Keberadaan EXDO-4 tidak hanya disambut baik oleh banyak perusahaan ban di Indonesia. Saat ini, EXDO-4 sebagai bahan pembuat tapak ban sudah berhasil menembus pasar internasional. Beberapa negara yang menjadi konsumen dari EXDO-4 Pertamina adalah India, China, dan negara-negara di Asia Tenggara. 


Pertamina melalui sektor Petrokimia berkomitmen untuk selalu memproduksi bahan baku berkualitas. Diharapkan melalui EXDO-4, Pertamina mampu memenuhi kebutuhan industri ban serta memperkuat posisinya sebagai perusahaan energi kelas dunia yang menyuplai produk dengan kualitas terbaik ke berbagai negara. Tentunya, tidak hanya mengekspor bahan baku ke negara lain, Petrokimia Pertamina juga akan mendukung industri dalam negeri untuk kemajuan perekonomian Indonesia.