Ini Dia Jenis Bahan Bakar Mesin Diesel Pertamina

Senin, 28 Juni 2021

Saat ini kendaraan yang ada terdiri dari berbagai macam jenis, mulai dari merek, tipe hingga teknologi mesin yang ada di setiap kendaraan. Karenanya setiap kendaraan membutuhkan perlakuan yang berbeda, mulai dari perawatan hingga jenis bahan bakar yang digunakan setiap harinya. Salah satu jenis bahan bakar yang umum digunakan adalah bahan bakar diesel yang ditujukan untuk kendaraan mesin diesel.

Jenis bahan bakar mesin diesel menggunakan unsur yang dibedakan berdasarkan angka setana atau cetane number (CN). Angka Setana merupakan ukuran unjuk kerja penyalaan bahan bakar, dimana angka setana yang tinggi akan memperkecil waktu keterlambatan penyalaan bahan bakar.

Proses pembakaran mesin diesel sepenuhnya mengandalkan udara yang dikompresi untuk mencapai suhu tertentu sehingga bahan bakar terbakar dengan sendirinya. Hal ini karena mesin diesel tidak memiliki komponen pemantik bahan bakar seperti busi yang ada pada mesin bensin. Sehingga memerlukan bahan bakar yang bisa terbakar sendiri saat terjadi proses kompresi di ruang bakar mesin.

Sebagai perusahaan energi, Pertamina memiliki beberapa jenis bahan bakar diesel yang dibedakan berdasarkan angka setana dan kandungan sulfur yang terkandung didalamnya. Bahan bakar diesel yang diproduksi Pertamina antara lain:

Pertamina Dex

Pertamina Dex merupakan bahan bakar diesel dengan CN tertinggi yaitu 53, yang mampu menjaga mesin dan meningkatkan power mesin secara maksimal serta menjaga lingkungan dengan emisi gas buang yang rendah.

Dengan menggunakan Pertamina Dex, maka pembakaran jadi lebih sempurna sehingga menghasilkan suara mesin yang jauh lebih halus sekaligus kinerja mesin yang lebih bertenaga.

Selain itu, Pertamina Dex memiliki kandungan sulfur rendah dan mengandung additive untuk mencegah korosi tempat penyimpanan dan saluran bahan bakar. Bahan bakar ini digunakan pada mesin diesel putaran tinggi serta sesuai dengan mesin diesel dengan teknologi terbaru.

Dexlite

Dexlite merupakan varian bahan bakar diesel yang memiliki CN minimal 51 dan mengandung Sulfur maksimal 1200 ppm. yang mengandung minyak nabati atau Biodiesel yang besar campurannya sesuai dengan regulasi lewat peraturan Menteri ESDM No. 12 tahun 2015. Dimana mulai 1 januari 2020 dicampur sebesar 30% menjadi B30, Dexlite adalah jenis bahan bakar diesel yang menghasilkan emisi yang ramah lingkungan. Dexlite digunakan pada mesin diesel putaran tinggi seperti pada sektor pertambagan, perkapalan, kendaraan komersial, dan lan-lain.

Biosolar

Biosolar merupakan bahan bakar destilasi yang mengandung minyak nabati atau Biodiesel yang besar campurannya sesuai dengan regulasi lewat peraturan Menteri ESDM No. 12 tahun 2015. Dimana mulai 1 januari 2020 dicampur sebesar 30% menjadi B30, Bahan bakar ini digunakan pada mesin diesel putaran tinggi seperti pada sektor pertambangan, perkapalan, kendaraan komersial dan lain-lain.

Pertamina sebagai produsen BBM akan terus berusaha dan berinovasi untuk menyediakan kebutuhan energi yang berkualitas dan juga ramah lingkungan untuk masyarakat.