Kupas Tuntas Tangki Bahan Bakar Pesawat!

Rabu, 27 Oktober 2021
Kupas Tuntas Tangki Bahan Bakar Pesawat!

Tangki merupakan salah satu benda yang paling berhubungan erat dengan bahan bakar karena biasa dijadikan sebagai wadah atau tempat penampungnya. Pada transportasi udara seperti pesawat, umumnya terdapat tiga tangki yang berada pada masing-masing sayap, yaitu satu tangki cadangan dan dua tangki utama. Sedangkan untuk badan pesawat memiliki satu tangki. Namun di beberapa pesawat tertentu tangki juga terletak pada bagian ekor.

 

Rongga-rongga struktur tangki yang ada di sayap, badan, maupun ekor dilapisi dengan lapisan karet sehingga membentuk ruang tangki yang anti bocor. Selain itu, terdapat pula katup-katup satu arah untuk mencegah bahan bakar mengalir secara tidak terkendali dari satu tangki ke tangki lainnya. Bahan yang digunakan dalam pembuatan tangka biasanya terbuat dari aluminium dan telah banyak digunakan selama dua dekade terakhir karena memiliki keunggulan yang ringan, kemudahan konstruksi, dan ketahanan korosi yang baik.

 

Untuk dapat menjaga tangki pesawat agar tetap dalam kondisi baik perlu adanya pemeriksaan serta perawatan secara rutin atau yang dikenal dengan draining sump. Teknisi memeriksa dan menyesuaikan sistem tangki dan peralatan yang terkait serta membersihkan seluruh bagian tangki agar terhindar dari kotoran yang masuk ke dalam.

 

Sistem tangki bahan bakar pesawat dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

 

Internal

-       Tangki Integral

Tangki ini berada di ruang kosong di dalam sayap. Bentuk horizontal panjang dari tangki integral memerlukan penyekat untuk menjaga bahan bakar agar tidak tumpah saat pesawat bermanuver.

 

-       Tangki Kandung Kemih

Tangki ini dibuat dari bahan fleksibel yang kuat, dapat digunakan sebagai alternatif tangki kaku. Tangki ini dapat digulung dan dimasukkan melalui lubang kecil, seperti lubang inspeksi, ke dalam rongga atau rongga struktural yang dibuat khusus.

 

Eksternal

Tangki bahan bakar tambahan yang dipasang secara eksternal disebut sebagai tangki drop, tangki eksternal, tangki sayap, tangki tiang, atau tangki perut. Penggunaan tangki eksternal biasanya hanya dipakai satu kali dan mudah dibuang.