Mengenal Produk Petrokimia SBP-XX Lebih Jauh

Rabu, 20 Oktober 2021
Mengenal Produk Petrokimia SBP-XX Lebih Jauh

Sebagai bentuk pelayanannya, Pertamina menyediakan produk-produk yang berguna bagi aktivitas masyarakat di berbagai sektor. Tidak hanya menyediakan bahan bakar untuk transportasi udara, darat, dan laut, melalui produk Petrokimia, Pertamina menghasilkan berbagai macam bahan baku, salah satunya yaitu Special Boiling Point (SBP-XX).

 

Special Boiling Point (SBP-XX) merupakan salah satu jenis solvent atau pelarut yang dihasilkan dari kilang Pertamina RU II dengan komposisi senyawa Hydrocarbon Aliphatic, Naphtenic, dan sedikit senyawa Aromatic. Karakteristik kritikal dari produk petrokimia ini adalah density (kepadatan), boiling range (berkisar antara 45ºC - 115ºC atau Initial Boiling Point diatas 45ºC), dan odour (berbau).

 

Produk petrokimia ini mudah terbakar namun mempunyai sifat toxicity yang kecil. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan Benzene yang rendah di dalamnya. Selain itu, SBP-XX juga dapat melarutkan, mendispersikan, atau mengekstrak material lain tanpa mengubah struktur kimianya (bereaksi baik dengan solvent itu sendiri maupun material lainnya).

 

SBP-XX memiliki berbagai macam fungsi yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya yaitu:

– Pelarut pada proses pembuatan cat, varnish dan tinta cetak.

– Komponen dalam preparasi larutan untuk ban, karet dan perekat atau industri lem.

– Pelarut dalam industri farmasi, kosmetik, dan industri makanan.

– Pembersih atau produksi thinner grade tinggi.

– Pembersih pada industri mebel atau rotan.

 

Salah satu produk SBP-XX yang sering kali kita temui bahkan kita gunakan adalah koyo. Produk ini digunakan dalam industri farmasi dan berperan sebagai perekat pada koyo atau yang biasa disebut dengan patch transdermal. Koyo merupakan jenis obat luar yang digunakan dengan cara ditempel pada kulit untuk menghilangkan rasa pegal atau nyeri otot pada tubuh. Kandungan yang berada di dalamnya membuat koyo dapat menempel pada permukaan kulit dan sudah pasti bersifat aman karena sudah teruji mutunya.

 

Pertamina akan terus berusaha menjaga kualitas dan selalu berkomitmen untuk memberikan produk terbaiknya. Dengan peningkatan kualitas produk serta mutu yang sudah terjamin, membuat Pertamina siap memproduksi lebih banyak produk petrokimia yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.