Slack Wax Pertamina, Multi Fungsi dan Siap Go International

Rabu, 27 Oktober 2021
Slack Wax Pertamina, Multi Fungsi dan Siap Go International

Slack Wax merupakan salah satu produk petrokimia Pertamina berupa campuran minyak dan lilin yang dihasilkan dari minyak pelumas melalui proses pendinginan, penyulingan, dan penyaringan dari lilin penekan saringan pelarut. Slack wax pertamina dibuat dan diolah di Unit Pengolahan IV Pertamina Cilacap. Produk petrokimia ini memiliki karakteristik licin jika dipegang karena memiliki kadar minyak yang cukup banyak, stabil pada suhu dan tekanan normal, memiliki bentuk yang padat pada suhu ambient, berwarna putih kekuningan, dan tidak memiliki bau yang khas.

 

Slack Wax Pertamina tentunya memiliki mutu dan jaminan keamanan karena sudah berkualitas food grade yang mengacu pada material yang digunakan. Artinya produk petrokimia ini tidak beracun, tidak mengubah rasa dan kualitas makanan. Sehingga aman untuk makanan, serta tidak menyebabkan gangguan kesehatan. Karena tingkat keamanan ini, slack wax Pertamina bisa diolah menjadi lilin untuk kue ulang tahun.

 

Tidak hanya lilin, Slack Wax Pertamina juga dapat digunakan sebagai bahan baku dalam memproduksi tinta cetak, tinta kertas, industri pabrik korek api, semir sepatu, kosmetik serta berguna bagi industri kertas dengan kualitas food grade, seperti kertas pembungkus nasi.

 

Pertamina terus berusaha untuk melakukan ekspansi pasar Petrokimia ke luar negeri dengan melakukan ekspor produk Slack Wax ke beberapa negara wilayah bagian seperti India, Malaysia, Singapura, China, Korea Selatan dan Belanda. Hal ini dilakukan karena produk petrokimia yang diproduksi langsung oleh Pertamina ini memiliki kualitas tinggi dengan standar internasional.

 

Ekspansi yang dilakukan oleh Pertamina yang berperan sebagai salah satu pemain utama petrokimia di Asia ditujukan untuk menangkap peluang pertumbuhan pasar di Indonesia dan kawasan internasional yang sangat pesat terutama pada produk petrokimia. Melalui potensinya yang sangat besar untuk diintegrasikan dengan bisnis pengolahan lain, maka sektor petrokimia dipilih untuk menjadi salah satu pilar inti pertumbuhan Pertamina di masa mendatang agar dapat mencapai aspirasi sebagai Asia Energy Champion 2025.

 

Maka dari itu, untuk meningkatkan kehandalan pemasaran ekspor Slack Wax, Pertamina berkomitmen untuk terus meningkatkan jaminan kualitas produk dan efisiensi untuk kepuasaan konsumen dan memperluas pasar penjualannya.