Tips & Trik Menghemat Bahan Bakar Kendaraan!

Selasa, 22 Maret 2022
Sebagai pemilik atau pengguna kendaraan, pemakaian bahan bakar adalah salah satu hal yang harus selalu diperhatikan.

Sebagai pemilik atau pengguna kendaraan, pemakaian bahan bakar adalah salah satu hal yang harus selalu diperhatikan. Disamping itu, pentingnya mencari cara untuk menghemat bahan bakar dan memilih bahan bakar yang sesuai dengan mesin kendaraan yang dimiliki juga akan memberikan performa yang maksimal pada mesin. 

Namun cara berkendara yang salah ternyata juga dapat membuat performa mesin tidak maksimal dan bahkan membuat bahan bakar menjadi boros, Sehingga untuk menghindari hal tersebut ada tips & trik yang dapat dilakukan oleh pengguna kendaraan. Lantas, bagaimana cara menghemat bahan bakar agar tidak boros? Yuk, simak 5 caranya berikut ini!

1. Service Kendaraan Secara Berkala: 

Melakukan service kendaraan secara rutin ternyata dapat menghemat bahan bakar. Lakukanlah service setiap 3 (tiga) bulan sekali atau setiap penggunaan mencapai 5.000 km. Dengan melakukan service secara berkala, maka saluran bahan bakar dan komponen kendaraan lainnya akan diperiksa dan terjaga dalam kondisi terbaik. Hal itu akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan efisien.

2. Periksa Tekanan Angin Pada Ban: 

Selain mesin, Tekanan angin dalam ban juga harus dicek secara berkala, karena setiap kali roda berputar maka permukaan ban yang menapak di jalan akan menopang berat kendaraan tersebut. Dalam dunia otomotif, Ini disebut sebagai rolling resistance (tahanan gulir). Tekanan angin pada ban yang kurang, akan membuat tahanan gulir membesar dan mengakibatkan pemborosan bahan bakar.

3. Perhatikan Filter Udara: 

Filter udara yang sudah terlalu kotor pada kendaraan akan membuat boros bahan bakar. Karena filter yang sudah tersumbat debu dan kotoran akan membuat mesin bekerja lebih berat untuk menghisap udara bersih. Jika sudah begitu, Sebaiknya bersihkan filter udara setiap 2.000-3.000 km atau ganti jika pemakaiannya sudah terlalu lama.

4. Mengatur Kecepatan Kendaraan secara Stabil: 

Hal ini penting untuk diperhatikan ketika berkendara dengan kecepatan tinggi. Sesuaikan laju kendaraan dengan kondisi lingkungan disekitar, jangan terlalu cepat atau lambat. Menggunakan cara ini akan membantu mesin kendaraan bekerja tidak terlalu berat dan dapat menghemat bahan bakar.

5. Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai: 

Hal ini merupakan poin paling penting yang harus diperhatikan ketika ingin menghemat bahan bakar. Penyebab bensin boros bisa dikarenakan penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai rekomendasi yang dapat membuat sistem pembakaran menjadi tidak sempurna. Maka dari itu, gunakanlah bahan bakar sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Pertamax Series dan Dex Series merupakan rekomendasi bahan bakar yang baik untuk kendaraan karena dapat meningkatkan performa mesin dan tentunya pembakaran yang sempurna membuat mesin tidak boros.

Selain tips-tips di atas, hal terpenting lainnya dari cara menghemat bahan bakar adalah tetap menjaga etika saat berkendara dan tertib lalu lintas, karena keselamatan dan kepentingan bersama menjadi tujuan utama. Mengemudi secara ugal-ugalan selain dapat membahayakan juga hanya akan membuat boros bahan bakar. Berkendaralah secara optimal, maka akan membuat perjalanan aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan.